Jumat, 12 Juni 2015

Strategi marketing maicih di balik harganya yang melambung

Beberapa taun kebelakang, booming yang namanya keripik maicih, keripik ini sebenernya sama aja sama keripik-keripik pedes lainnya, cuma bedanya, harga nya yang mahal dal bentuk kemasannya yang lebih elegan. dulu saya ngalamin banget gimana ngantri nya buat beli keripik maicih, dulu harga nya masih kisaran 12rb, dan buat nemuin keripik maicih ini, ga bisa kita temuin dimana aja, selain itu stock nya juga terbatas, kadang suka keabisan walaupun udah ngantri panjang banget.

Maicih ini ngepromosiin keripiknya lewat media sosial, akun twitternya maicih ini bakalan ngtweet dimana bakalan mangkal buat hari ini, jadi biasanya orang-orang yang doyan keripik pedes dan penasaran banget sama maicih, suka mantengin timeline nya maicih buat kepoin dimana mereka mangkal hari ini. jualannya itu pake mobil-mobil yang nongkrong di pinggir jalan, beberapa tempat yang waktu itu sering dipake buat jualan maicih, kalo ga di braga di jalan riau, juga beberapa tempat yang emang rame pengunjung. 

Strategi marketing dari maicih ini, sebenernya unik, mereka ga ngejual langsung keripiknya dalam jumlah yang banyak, tapi mereka nyoba buat bikin konsumennya penasaran terus. dijual sedikit-sedikit dan di tempat yang pindah-pindah, makanya bikin maicih ini diserbu terus sama penggemarnya. ngeliat dari kemasan dan rasanya yang khas ini, yang bikin keripik maicih makin sini makin mahal. sekarang keripik maicih di jual dengan harga 30rb. padahal kalo kita pikir lagi, kan bahannya cuma singkong, dan singkong juga ga mahal-mahal amat. tapi karna maicih ini udah punya "brand" dan kemasannya yang menarik serta elegan, makanya harga nya jadi mahils banget dibandingin keripik-keripik lainnya yang biasanya keripik semacem gitu dijual cuma 5rb paling mahal juga 10rb. 

Tapi tetep aja walaupun mahal keripik maicih ini tetep di minati banyak orang sampe sekarang, walaupun dan sesusah dulu buat nyarinya, tapi namanya masih tetep eksis di kalangan masyarakat. maicih jadi oleh-oleh khas Bandung yanng banyak digemarin sama ibu-ibu PNS yang biasanya seneng nyari cemilan. kemasannya ini juga jadi ngasih kesan yang higienis. soalnya biasanya buat takaran keripik cemilan gini, suka dianggap ga higienis. marketing yang di lakuin pihak maicih ini yang bikin harga nya mahal tapi tetep di gemarin sama penyuka cemilan pedes. macem-macem level pedesnya juga yang bikin nagih terus buat nyemilin keripik ini. 

Sekarang juga maicih ngeluarin menu baru sekaligus resto nya loh, mereka sekarang buka bakso maicih. di dalemnya ada bakso yang isinya cabe. khas pedesnya tetep jadi ciri khas brand ini. resto bakso maicih ini menaikan lagi nama keripik maicih yang sempet turun eksistensinya. dan konon katanya, penjualan keripik maicih meningkat lagi seudah launching resto bakso maicih nya ini, anyway, resto baso nya ini ada di daerah tamansari, depan gedung fakultas hukum Unisba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar